Google Rilis Android 11 Pratinjau Pengembang untuk Perangkat Pixel

Android 10 diluncurkan hampir enam bulan lalu, tetapi Google sudah secara terbuka mempersiapkan Android 11. Versi Android berikutnya sekarang tersedia sebagai pratinjau pengembang . Jika Anda memiliki perangkat Pixel terbaru, Anda dapat menginstal Android 11 sekarang untuk memeriksa kontrol privasi yang ditingkatkan, gelembung pesan, dan banyak lagi. Sebagian besar pengguna harus menunggu versi final untuk mengalami Android 11, dan itu tidak akan turun sampai musim gugur ini. 

android-11
sumber : Extremetech
Rilis Android berikutnya akan mencakup lebih banyak kontrol atas aplikasi data yang dapat diakses di ponsel Anda. Di Android 10, Google memberi pengguna lebih banyak kontrol atas akses lokasi, dan Android 11 membawa fitur serupa ke izin sensitif lainnya. Saat aplikasi menanyakan lokasi, mikrofon, atau kamera Anda, Anda memiliki opsi untuk memberikannya sekali saja. Google juga akan menggunakan Scoped Storage, fitur yang ditunda tahun lalu. Scoped Storage membatasi direktori aplikasi mana yang dapat dilihat pada perangkat Anda, mencegahnya mengintip file Anda. Namun, ini juga berarti Anda tidak akan dapat mengelola file Anda dengan kebebasan penuh di aplikasi pihak ketiga. 

Juga di bidang keamanan, Google telah meningkatkan Project Mainline. Itu adalah fitur yang memulai debutnya di Android 10, memberi Google kemampuan untuk mendorong pembaruan komponen sistem penting langsung ke perangkat melalui Play Store tanpa menunggu OEM dan operator untuk membuat OTA sistem lengkap. Di Android 11, Mainline memiliki 12 modul baru dengan total 20. Itu berarti pembaruan lebih vital akan menghantam perangkat Anda secara diam-diam dan tepat waktu. 

Tak satu pun dari perangkat uji Android 11 saat ini memiliki dukungan 5G, tetapi Google mengatakan 5G adalah fokus dari Android 11. Pengembang akan dapat mendeteksi apakah perangkat memiliki konektivitas 5G dan memungkinkan peningkatan pengalaman seperti Wi-Fi yang mungkin dinonaktifkan pada 4G koneksi seluler. Android 11 bahkan dapat mendeteksi jika koneksi nirkabel 5G tidak diukur. Jika demikian, aplikasi dapat melahap lebih banyak bandwidth. 

Notifikasi mendapatkan sedikit perubahan di Android 11. Warna notifikasi akan memiliki bagian baru yang didedikasikan untuk percakapan. Fitur Bubbles tertunda dari Android 10 beta juga akan kembali. Mereka pada dasarnya adalah Kepala Obrolan Facebook untuk aplikasi pengiriman pesan apa pun. 

Program pengujian Android 11 akan dimulai dengan tiga pratinjau pengembang, diikuti oleh tiga beta. Jika Anda ingin mencoba Android 11, Anda memerlukan perangkat Pixel yang tidak lebih dari Pixel 2/2 XL. Pratinjau pengembang hanya tersedia untuk sideloading melalui pemulihan. Rilis beta akan keluar sebagai pembaruan OTA opsional mulai Mei tahun ini.

Belum ada Komentar untuk "Google Rilis Android 11 Pratinjau Pengembang untuk Perangkat Pixel"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel