12 Tips Mudah Untuk Meningkatkan Pengunjung Blog

 12 Tips Mudah Untuk Meningkatkan Pengunjung Blog – Saat ini, internet menjadi ladang yang potensial untuk mendapatkan penghasilan. Terbukti dengan banyaknya pebisnis yang mengembangkan usahanya secara online karena dinilai mampu menambah keuntungan berlipat-lipat dibanding hanya menjalankan usaha secara offline. Dalam hal ini, seorang blogger juga dapat disebut pebisnis, sebab mereka menjual informasi berupa konten atau artikel yang dibutuhkan pengguna internet.


Berkembangnya dunia blog didasari oleh tuntutan masyarakat akan perbaharuan informasi. Di era digital ini, semua orang memanfaatkan teknologi untuk mencari informasi. Komputer, tablet, smartphone dan sejenisnya merupakan perangkat teknologi yang dapat digunakan untuk memperoleh informasi tersebut karena dianggap lebih mudah dan cepat daripada membuka buku atau kamus. Namun, untuk menyediakan blog yang layak bagi pengunjung, seorang blogger harus membuat artikel berkualitas dan menerapkan teknik-teknik tertentu.

Tips Meningkatkan Traffic Pengunjung Blog Paling Mudah

Antara blogger dan pengunjung harus tercipta simbiosis mutualisme, artinya keduanya sama-sama mendapat keuntungan. Blogger mendapatkan traffic pengunjung yang tinggi agar posisinya di search engine meningkat dan dipercaya oleh Google untuk menerima penghasilan. Sementara pengunjung mendapatkan informasi yang dibutuhkan dengan mudah. Supaya proses ini berjalan dengan baik, blogger harus terlebih dulu melakukan optimasi SEO (Search Engine Optimization) untuk meningkatkan traffic pengunjung blog. Dengan demikian, blog dapat terindeks di halaman utama search engine dan dilirik pertama kali oleh pengguna internet.

1. Membuat Artikel Viral

Membuat artikel trending atau yang sedang viral membantu blogger meningkatkan traffic pengunjung, terutama melalui sosial media (tempat artikel dibagikan). Artikel yang sedang trend dan banyak dicari seringkali dibagikan ke Facebook atau Twitter, contohnya seperti topik Donald Trump yang baru menjabat sebagai presiden Amerika Serikat. Kemungkinan besar blog mendapatkan ribuan real-time visitor (berdasarkan laporan histat) selama berminggu-minggu. Meskipun peningkatan traffic pengunjung tersebut bersifat sementara, dari situ blogger mampu meraup 1-3 juta rupiah.

2. Membuat Artikel Yang Panjang (500-1000 Kata)

Aturan-aturan yang berlaku dalam membuat artikel blog, yakni: panjang, padat, detail, informatif, bermanfaat, memuat kata kunci dan relevan dengan keyword pencarian. Artikel dengan kriteria tersebut mampu berbaris di halaman pertama search engine, karena sesuai dengan standar penilaian Google dan dibutuhkan oleh pengguna internet. Blogger harus menghindari teknik penulisan artikel yang dapat mengecewakan pengunjung, seperti hasil terjemahan blog luar, menggunakan bahasa yang tidak mudah dimengerti dan bertele-tele serta terlalu banyak mengulang kata kunci.

Artikel berkualitas dengan panjang 500-1000 kata harus diutamakan agar mudah ditemukan pengguna internet. Karena umumnya artikel sepanjang itu memuat banyak kata kunci turunan yang tidak didapatkan ketika proses riset atau penelitian, dengan kata lain artikel tersebut mampu menciptakan keyword baru untuk search engine.

3. Hindari Copy Paste Artikel Milik Blog Lain

Copy-paste artikel milik blog lain merupakan pelanggaran yang tidak bisa ditoleransi, walaupun yang dicopy hanya satu kalimat di dalamnya. Perbuatan tersebut seringkali dilakukan oleh newbie yang belum mengetahui aturan-aturan baku di dunia blogging. Blogger yang berniat untuk bersaing dengan cara licik juga sering melakukan praktek copy-paste artikel karena memang lebih mudah daripada harus membuatnya secara manual.

Namun, sebenarnya dampak copy-paste artikel bagi blog sangat tidak baik. Karena meskipun dapat terindeks di SERP, bahkan menduduki posisi pertama, tapi itu hanya berlangsung sementara. Artikel akan timbul-tenggelam di hari-hari berikutnya sampai suatu hari benar-benar hilang dari SERP. Itu membuktikan bahwa algoritma Google sangat pintar, tidak mudah dibodohi oleh blogger yang berbuat curang.

Otoritas blog akan berkurang apabila Google menyadari artikel yang diposting adalah hasil copy-paste. Praktek copy-paste artikel perlu dihentikan bila blogger masih ingin meningkatkan traffic pengunjung dan tidak mendapat penalti dari Google.

4. Memperbanyak Jumlah Artikel Dengan Memostingnya Secara Rutin

Penilaian sebuah blog didasari pada kualitas konten atau artikel yang dibuat. Dalam hal ini, search engine Google lebih mengutamakan blog yang mempunyai banyak artikel bermanfaat dan mampu menjaring banyak pengunjung. Apabila blogger rutin memosting artikel, setidaknya 2 buah perhari, dalam satu bulan akan ada sekitar 60 artikel yang termuat dalam blog tersebut. Metode ini sangat baik untuk dipraktekkan karena Google akan menganggap blog melakukan aktifitas spamming bila artikel yang diposting dalam sebulan terlalu banyak.

Pengguna internet lebih menyukai blogger yang berusaha memperbanyak jumlah artikel dengan memostingnya secara rutin di blog. Itu bisa dijadikan prinsip blogger meningkatkan traffic pengunjung blog melalui optimasi artikel. Jika artikel yang diposting menarik dan bermanfaat, tidak menutup kemungkinan pengguna internet akan menjadi pengunjung setia dan terus menunggu update artikel selanjutnya.

5. Membagikan Artikel ke Sosial Media dan Sosial Bookmark

Sosial media dan sosial bookmark saat ini telah berperan banyak dalam promosi website atau blog. Suatu kesalahan besar apabila seorang blogger tidak memanfaatkan keduanya sebagai media promosi konten, terutama Facebook, Twittter dan Google+. Melalui sosial media, blogger akan mudah menjangkau pengguna internet, apalagi jika anggota yang dimiliki lumayan banyak. Selain mudah, dengan menerapkan cara ini blogger mampu menghasilkan profit yang hampir sama dengan hanya memanfaatkan search engine.

Namun, terdapat kekurangan dalam meningkatkan traffic pengunjung blog dengan cara membagikan artikel ke sosial media. Biasanya traffic pengunjung yang didapat tidak terlalu besar dan bersifat sementara. Blog yang memakai cara tersebut juga harus memperbarui artikel secara rutin, karena bila tidak traffic pengunjung blog akan turun secara otomatis. Berbeda dengan blogger yang hanya mengandalkan traffic pengunjung dari search engine, bisa santai sesudah memperoleh posisi pertama di SERP.

Selain sosial media, blogger juga perlu memaksimalkan sosial bookmark, seperti sosbok.com, sosialbookmark.com dan sebagainya untuk meningkatkan traffic pengunjung. Alamat blog atau url artikel disimpan dalam sosial bookmark agar pengguna internet tertarik untuk mengunjunginya.

6. Guest Posting di Blog Lain

Maksud dari guest posting adalah menggunakan jasa blog lain untuk mengirimkan konten serta memasang link, dengan syarat semuanya ditentukan oleh blog tersebut. Pemasangan link atau alamat blog bisa dilakukan pada bagian penulis (author) atau disisipkan dalam konten. Keuntungan dari guest posting di blog lain adalah mendapatkan referral traffic dan nilai plus bagi SEO blog, apalagi kalau blog yang digunakan sudah terkenal di SERP.

7. Memperbanyak Backlink Dofollow

Backlink termasuk cara optimasi SEO yang sejak dulu dipercaya mampu meningkatkan traffic pengunjung blog. Salah satu jenis backlink yang bisa dipasang blogger adalah backlink dofollow, yaitu backlink yang mengikuti, artinya blog akan mengikuti dan mendukung perkembangan blog yang mendapatkan backlink. Blogger bisa menanam dan memperbanyak backlink dofollow dengan cara meninggalkan link aktif di komentar atau memanfaatkan fitur name/url. Metode ini bisa dilakukan beberapa kali, tapi tidak boleh berlebihan agar tidak dianggap spam oleh Google.

 8. Melakukan Blogwalking

Blogwalking atau jalan-jalan ke blog milik orang lain untuk meninggalkan komentar berisi link (memasang backlink) merupakan aktifitas yang sering dilakukan oleh seorang blogger. Blogwalking merupakan olahraga rutin yang perlu dilakukan blogger untuk menambah jumlah backlink agar mendapat kenaikan ranking blog di SERP juga membantu meningkatkan traffic pengunjung. Namun, bukan berarti blogger bebas melakukan blogwalking untuk menanam backlink secara membabi buta karena aktifitas tersebut dinilai spamming dan dapat merusak reputasi blog. Blogwalking yang bertujuan untuk menanam backlink sebaiknya dilakukan pada blog yang relevan atau masih berhubungan dengan blog milik blogger.

9. Mengikuti Diskusi di Forum-forum Besar

Sebagai seorang blogger, tidak memanfaatkan forum diskusi untuk mempromosikan situsnya adalah kesalahan besar. Sebab, umumnya forum-forum diskusi merupakan tempat ‘nongkrong’ bagi para pengguna internet. Forum diskusi seperti kaskus, detik dan sebagainya perlu dimanfaatkan dengan maksimal, karena dari situ blogger bisa mendapatkan traffic pengunjung yang cukup banyak. Misalnya, terdapat thread di forum diskusi A yang membahas tentang tutorial Google AdSense. Maka apabila blogger memiliki artikel yang ber-topik sama, bisa berkomentar sambil membagikan link atau tautannya di thread tersebut.

Peserta diskusi tidak akan melewatkan kesempatan untuk meng-klik link artikel, bahkan bila artikel di dalamnya bermanfaat, mereka kemungkinan akan berlama-lama di blog untuk membaca artikel yang lain. Melalui forum diskusi tersebut, blogger bisa meningkatkan jumlah backlink dan menaikkan ranking-nya di SERP. Namun, blogger harus mengetahui aturan-aturan pada forum diskusi yang ingin dijadikan tempat menanam backlink, karena tidak semuanya mengizinkan link dalam thread.

10. Memasang Iklan Berbayar

Iklan berbayar yang biasanya dipasang oleh blog atau situs profesional berfungsi sebagai cara optimasi SEO blog yang prosesnya tidak lama. Dengan kata lain dapat menjadi alternatif pengganti proses optimasi SEO gratis yang biasanya mengharuskan blogger untuk menunggu beberapa saat. Dampak iklan berbayar bagi peningkatan traffic pengunjung dinilai sangat baik, apalagi jika dipraktekkan pada media yang sesuai target secara efektif, seperti Facebook dan Twitter.

Facebook Ads misalnya, membebaskan pengiklan dalam memilih target pembaca atau pemirsa yang sesuai dengan kategori. Facebook Ads dapat dipasang dengan mudah dan tidak banyak menghabiskan budget. Walaupun demikian, dampak setelah pemasangannya cukup terlihat, seperti peningkatan jumlah traffic pengunjung blog.

Media iklan PPC seperti Google Adwords juga patut dicoba karena sangat efektif untuk meningkatkan traffic pengunjung blog. Google Adwords memiliki advertiser (jaringan pengiklan) serta publisher yang jumlahnya sangat banyak. Kelebihan Google Adwords adalah menampilkan iklan yang relevan dengan artikel pada situs publisher. Selain itu, ada pula iklan baris berbayar yang bisa dimanfaatkan blogger. Daripada iklan baris gratisan, iklan baris berbayar lebih direkomendasikan karena dampaknya sangat baik bagi blog.

11. Memberitahu Google Agar Segera Mengindeks Blog

Blogger harus memberitahu search engine Google untuk segera mengindeks artikel dengan cara masuk di http://www.google.com/webmasters/tools/submit-url?pli=1. Tool tersebut memberi hasil yang cukup cepat, apalagi jika artikel dibuat secara manual dan original. Untuk mengeceknya, blogger cukup mengetikkan judul artikel pada kotak pencarian. Apabila berhasil terindeks, artikel akan berada di posisi pertama SERP.

12. Fokus Terhadap Satu Blog

Kendala memiliki blog lebih dari satu adalah kesulitan dalam me-manage semuanya di waktu yang bersamaan, sehingga blogger harus memilih blog mana yang difokuskan dan ditinggalkan. Redirect (mengarahkan traffic blog lama ke blog baru) atau popup (iklan mandiri yang muncul di jendela browser) merupakan solusi terbak bagi blogger yang ingin mengelola beberapa akun blog di waktu yang sama. Untuk menerapkan redirect, blogger bisa menyisipkan kode berikut di antara tag html <head> dan </head>:

<meta http-equiv=”refresh” content=”0; url= URL blogger”>

Keterangan content=”0; pada kode tersebut menunjukkan waktu redirect bila dihitung mundur (dalam satuan detik). Blogger dapat menggantinya sesuai keinginan, namun disarankan untuk mengganti 0 dengan 10 supaya traffic pengunjung blog lama tidak berubah dan terus men-suplai ke blog baru. Sementara keterangan URL blogger adalah alamat URL atau link blog baru.

Metode kedua, yaitu popup, memiliki fungsi yang sama dengan redirect. Pemasangan iklan popup perlu dipertimbangkan, mengingat iklan tersebut bersifat mandiri sehingga tidak bisa diblock oleh Add-ons browser, Adblock.

Meningkatkan traffic pengunjung blog di beberapa tahun belakangan ini memang membutuhkan usaha yang cukup keras karena persaingan yang terjadi semakin ketat. Untuk menghadapinya, diperlukan teknik-teknik optimasi SEO yang baik dan tepat. Mengingat kembali apa tujuan seorang blogger membuat website atau blog dan meningkatkan traffic pengunjungnya, baik itu hanya memuaskan diri atau mendapat penghasilan, dapat menjadi motivasi untuk memacu diri agar bekerja lebih keras lagi.


0 Response to " 12 Tips Mudah Untuk Meningkatkan Pengunjung Blog"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel